ekono-fisika

Saat saya memutuskan untuk pindah jurusan dari 'Physics Science' ke 'Economic Science', tiap ada yang mengobrol dengan saya pasti nanya, loh kok bisa? Kadang saya cuman bales senyum kalo lagi males ngejelasin panjang lebar, haha.

Setelah lulus dari Fisika, sebenarnya saya sudah langsung melanjutkan tugas akhir saya di jurusan Fisika, sebagai bahan awal topik tesis. Tapi mendadak nafsu saya sama ilmu Fisika menjadi menurun, mungkin karena jenuh. Efek baru lulus tapi ga dikasih waktu bernafas, karena saya harus langsung mulai lagi dengan berbagai jurnal dan tiap minggu langsung lapor progress. Kalo dipikir-pikir kalo tekad saya bulat buat jadi researcher, sebenarnya itu bukan jadi beban. Karena stress, saya ngobrol panjang lebar sama dosen pembimbing saya waktu itu, tentang niat saya kepengen buat pindah jurusan, waktu itu saya mau lanjut ke Magister Bisnis Administrasi di kampus yang sama, tapi setelah dipikir-pikir saya kayaknya ga cocok jadi entrepeneur, saya juga ngbayangin hidup saya kayaknya bakalan habis di kantor. Akhirnya saya mikir-mikir ulang buat ke mana.

Waktu itu kebetulan saya lagi baca banyak buku-buku Bung Hatta, kemudian akhirnya memutuskan untuk nyoba kuliah di jurusan sosial, Ilmu Ekonomi. Waktu itu saya mikirnya, pasti seru banget karena kerjaan saya pasti baca-baca doang bukan nurunin rumus apalagi sampai modelling kayak kerjaan saya dulu di Fisika. Alasan lainnya adalah saya ng-fans berat sama Bu Sri Mulyani yang keceh badai itu. Akhirnya saya pilih Ilmu Ekonomi sebagai salah satu rumah dalam perjalanan hidup saya, hahaha.

Lucunya, waktu matrikulasi (yang khusus diadakan pagi mahasiswa-non-ekonomi seperti saya) pelajaran yang diberikan adalah matematika-ekonomi. What a lucky, itu mirip persis sama mata kuliah kalkulus dasar dan fisika-matematika, karena sama-sama berlandaskan ilmu matematika. Saya ga nyangka ternyata di Ekonomi ketemu lagi sama makhluk menggemaskan bernama matematika.

'Dibesarkan' dengan cara berfikir yang 'luas' di Fisika, sebenarnya ilmu-ilmu ini berhubungan. Walau sempat ngos-ngosan buat adaptasi sama mata kuliahnya, sebenarnya kuliah di Ilmu Ekonomi tidak jauh berbeda dengan kuliah di jurusan Fisika, yah namanya sama-sama belajar tentang bagaimana mengamati 'alam'. Yang lebih bikin kaget lagi, sewaktu saya mengambil mata kuliah berjudul Ekonomi Regional, ada dua persamaan yang saya ga asing di Fisika, yaitu gaya sentripetal-sentrifugal dan gaya gravitasi. Gaya-gaya tersebut digunakan untuk membahas fenomena ekonomi.

Tesis saya berhubungan dengan energi. Lebih lucunya lagi, saya diberi tema geothermal atau panas bumi oleh dosen pembimbing saya, di mana ini dulu sempat saya pelajari di Fisika (dan dosen pembimbing saya di fisika adalah seorang geophysicist yang fokus di ilmu panas bumi), what a coincidence! Walau saya memang lebih fokus di masalah ekonominya, tapi tetap saya akhirnya saya harus diskusi dengan teman-teman dari kampus lama buat nyari tahu banyak hal tentang energi panas bumi.

Dua tahun kebelakang ini bener-bener jadi hal yang menyenangkan buat saya selama kuliah di Ekonomi. Selain bener-bener menambah wawasan, -mungkin karena dasar ilmu sosial- saya jadi ngeliat ilmu yang lebih aplikatif buat hidup. Ngeliat harga cabe naek, saya manggut-manggut. Liat economic's growth turun, manggut-manggut lagi -sok ngerti alesan dibalik itu, haha. Bener-bener ga abstrak kayak Fisika, walau hubungan antar ilmu itu kerasa bangeeeeeeeeeet.

Satu hal yang saya bikin saya sadar selama kuliah ekonomi adalah, baik ilmu sosial maupun ilmu sains itu syulit. Makanya saya makin ga ngerti kenapa muncul trademark kalo lo masuk IPS artinya lo itu ga pinter-pinter amat lah -karena ga keterima di IPA-. Serius kuliah di Ekonomi bikin saya makin sadar kalo semua ilmu it butuh dipahami, ga cuman dihafal doang. Karena semua ilmu itu, baik ilmu sosial maupun ilmu sains itu butuh kerja banget buat belajarnya dan setiap ilmu itu punya hubungannya tersendiri antar ilmu. Kalo dipikir-pikir, pantes rata-rata orang jaman dulu pasti ga cuman menguasai satu ilmu doang, like my favorite scientist ever, Einstein, yang jago di banyak bidang.

0 komentar:

top