Belajar

Bener kalo banyak yang bilang, belajar itu malah paling berharga adalah dari pengalaman-pengalaman. Dua bulan lagi, resolusi 2011 punya saya bakalan harus di analisis kemudian diambil kesimpulannya, berapa banyak sih yang sudah tercapai di tahun 2011. Dan tentunya, bagaimana sih caranya biar terjadi peningkatan di tahun berikutnya biar jadi manusia yang lebih baik lagi tentunya.

Setahun kemarin (11bulan lebih tepatnya), saya banyak banget belajar, termasuk urusan cinta, serius! Tapi yang paling banyak kasih pelajaran sebenernya di saat-saat jadi promotor Filman dan di detik-detik menjelang kelulusan (pas sidang dan teman-temannya). Walau kedua ini ga berhubungan sama cinta, ea, hahaha.

Waktu jadi promotor Filman, saya banyak banget belajar tentang politik kampus, ketulusan, idealisme, nasionalisme, bahkan tentang persahabatan. Teach me a lot. Walau kita ga menang, ntah kenapa jauh-jauh-jauh di lubuk hati saya, saya bener-bener ikhlas walau badan rontok ga keruan dan semua sistem hidup saya (waktu tidur kebalik-balik, banyak bolos kuliah, makan ga teratur dan masih banyak lagi) berantakan parah. Tapi saya seneng banget sudah pernah belajar banyak hal dalam dua bulan itu, belajar ikhlas juga, ikhlas bahwa kita ga memang memang bukan kapabilitas untuk jadi pemimpin kampus ITB. Pokoknya itu dua bulan paling berharga yang pernah saya alami selama di ITB, oh, iyah, tali silaturahmi jadi banyak kebuka gara-gara ketemu banyak orang. Menyenangkan.

Tahun ini saya juga berhasil lulus, sesuai dengan target awal saya banget, padahal sempet berubah sih targetnya dari Oktober jadi ke Juli, eh balik lagi ke Oktober alhamdulillah. Ternyata perjuangan tiga tahun di Fisika ga sia-sia, belajar banyak banget tentang Fisikanya sendiri dan kehidupan, hahaha. Banyak banget pelajaran dan hikmah yang bisa diambil waktu ngerjain TA, satu yang akan saya selalu inget, bahwa hidup ini memang ga gampang, tapi kalo kita mau berusaha memperjuangkannya, itu semua akan berlalu, pasti! TA yang saya anggap susah, banget, ternyata saya bisa lewatin dengan penuh perjuangan, tetesan air mata dan keringat, serius! Dan, tadaaa, saya sudah jadi sarjana sekarang :)

Termasuk urusan cinta, kemarin-kemarin saya jadi banyak belajar dan ditegur sama Allah, alhamdulillah Allah masih saya sama saya. Bahwa sesungguhnya cinta yang pasti itu cuman buat Allah, dan kita sebagai manusia jangan sampai buta mata sama fatarmogana yang tiba-tiba ada di depan mata. Saya juga belajar bahwa ga semua manusia itu baik, walaupun semua manusia dasarnya punya sifat baik, tapi sebagai manusia yang dikasih akal yang harusnya kita pergunakan dengan sebaik-baiknya bahwa kita tetap harus memilah-milah yang mana orang yang baik beneran sama kita, atau cuman mau manfaatin kita doang, hihihi.

Wess, alhamdulillah ternyata saya masih di kasih kesempatan buat nulis ini, karena saya memang lebih suka nulis buat nantinya dibaca sama diri saya sendiri lagi, bahwa ternyata saya sudah banyak sekali belajar, dan saya ga boleh berenti buat belajar, insha Allah.

Oh, iyah sekarang ini saya lagi sibuk main-main di tiga kegiatan, tiga-tiga-nya adalah projek yang besar, insha Allah untuk masyarakat. Doakan semoga tiga projek ini bisa bermanfaat dan KONKRIT JADI (saya tulis besar-besar biar sadar, haha). Saya juga sudah rencana mau ngambil S2 lagi proses pendaftaran, cita-cita mau jadi dosen ITB semoga bisa dibukakan jalannya sama Allah, pengennya nanti S2 ini double degree, jadi bisa banyak belajar baik di ITB maupun di negara luar, kayak Eropa. AAMIIN!

1 komentar:

firman mengatakan...

udah sejauh itu belajar...dan udah sebanyak itu ngedapetin hal-hal baru...

semuanya buat apa sih?, selain nunggu tiba waktunya capek!

top