Sekolah Bermain Balon Hijau #1

akhirnya, setelah 2 tahun menanti, akhirnya saya bisa ngajar dan dipanggil 'ibu guluuuu' sama anak-anak didik yang umurnya sekitar 2-6 tahun. kan ceritanya, dulu saya sempet punya cita-cita jadi guru TK, hehehe, alhamdulillah udah didenger sama Allah cita-citanya. nah, insya Allah cerita tentang Sekolah Bermain Balon Hijau ini bakalan di update terus perkembangannya, apa ajah yang udah dikerjain, terus kisah-kisah selama ngajar gimana. ceritanya mau bikin notulensi buat diri sendiri sekalian dibagi di-blog (iyah kalo dibaca sama orang, hahaha). sekalian belajar jadi mamah yang baik. hohoho.

ini kali kedua saya ngajar disini. sebenernya ini mah bukan projek organisasi, ada tiga orang wanita yang berbaik hati peduli sama pendidikan anak usia dini, dan alhamdulillah saya diajak buat ngajar di sana. pas pertama kali di tawarin seneng banget, walau belum punya basic apapun tentang anak-anak, soalnyakan selama ini ngajar di SKHOLE itu untuk anak-anak SD, yang notabene-nya 'lebih bisa diatur' walau ga juga, sih.

disini udah ada kurikulumnya, kurikulum minggu ini tentang perkenalan diri. jadi intinya minggu ini gimana anak-anak bisa meng-eksplor diri mereka sendiri.

waktu pertama kali ketemu mereka, masih banyak yang ga bisa lepas dari mamahnya, yang saya inget banget itu yang namanya Naira sama Nabel yang nangis muluk kalo mamahnya nyuruh lepas dari gendongan. oh, iyah jumlah anak disini, untuk pertemuan ke lima udah nyampe 44 , wow, sedangkan pengajarnya masih kurang dari 10 orang. yang belum bisa cerita tapi udah mau dipegang-pegang (serem amat ye gue) itu namanya Nabil, kalo diminta berdiri, nurut, kalo diminta duduk juga nurut.

hari ini kebanyakan main sama Tazqilla, umurnya kayaknya baru 2 tahun deh, soalnya dia masuk di grup yang kecil. pertemuan kali ini buat grup kecil sebenernya dikasih bebas buat menggambar, tapi ternyata yang interest buat menggambar itu ga semua. Tazqilla lebih seneng nyanyi sambil joget-joget. jadilah sepanjang mendampingi Tazqilla, saya ngajakkin nyanyi 'cicak-cicak didinding' sama 'naik-naik ke puncak gunung'. Tazqilla juga belum kenal sama warna, sempet ngajarin crayon dengan warna yang berbeda. oh, iyah, nih anak yang paling gampang sosialisasi, padahal baru kenal udah mau di peluk-peluk. selain Tazqilla, saya main sama Illa dan sepupunya Tazqilla namanya Sheila. Sheila hampir mirip sama Tazqilla, tapi lebih welcome Tazqilla. sedangkan Illa, masih sensitif, tapi kalo diajak ngomong udah mau. yang paling sedih adalah pas nyamperin Naira, terus Nairanya nangis ga mau salaman, huhuhuh, sedih.

oh, iyah ada satu anak yang lucu terus keinget terus, namanya Kiki. umurnya 4 tahun, ceunah kata mamahnya. Kiki pas awal-awal masih nemplok sama mamahnya, tapi sekarang udah mau berbaur sama teman-temannya. Nabil juga sih.

oh, iyah, dari laporan temen, ternyata pas di kelas grup besar, Nabil agak kurang fokus dengerin dongeng, dia sempet nglirik-lirik grup kecil yang nggambar dan keliatan pengen. dan ternyata Tazqilla juga ga terlalu interest di coret-coret dia lebih prefer buat nyanyi sambil joget-joget. tuh, kan emang semua anak itu emang punya keistimewaan masing-masing. hehehe.

kayaknya baru itu yang saya inget banget nama-namanya teh.

pokoknya seru banget mengamati perkembangan anak-anaknya, kayaknya Jumat besok mau tetep meratiin Tazqilla, Naira, Illa, Nabil, Kiki, sama yang sempet keliatan, hehe. mau tahu perkembangan mereka udah mau apa ajah.

sekian laporan perkembangan anak-anak Sekolah Bermain Balon Hijau :)

0 komentar:

top