(akhirnya) sarjana

bukan Kata Pengantar

sebenernya ga ada yang perlu dibanggakan dari lulus sebagai sarjana S1 Fisika ITB, sebenernya. tapi karena dulu gue kuliah di sini bukan karena keinginan gue, tapi karena pilihan fakultas (atau bahasa kerennya 'dibuang'), gue ngerasa bangga banget bisa lulus di waktu yang tepat, alhamdulillah. gue bersyukur banget akhirnya bisa menyelesaikan kuliah, bahkan ketagihan buat nglanjutin kuliah (aamiin), luar biasa sekali. gue yang dulu ga jago (sampe sekarang sih sebenernya) Fisika, bayangin gue ikut SPMB cuman jawab 3 soal Fisika dengan jawaban bener 1, untung ga minus, menandakan emang gue ga jago Fisika. tapi bener kata orang,'kalo ga kenal, ga mungkin sayang,'. gue yang biasanya susah jatuh cinta #ea, akhirnya bisa se-sayang ini sama Fisika. mungkin karena tahu,'kenapa sih harus belajar Fisika? implementasinya dikehidupan nyata buat apa sih? tahu ga kalo Fisika itu dasarnya dari segala ilmu?'.

kuliah di ITB juga sebenernya anugerah yang tak ternilai dari Allah, seriously. di sini gue ga cuman belajar tentang ke-Fisika-an yang emang se-wajibnya gue pelajari, tapi disini banyak banget ilmu yang tak gue sangka-sangka yang bisa gue pelajari, ilmu hidup yang harganya mahal banget, persahabatan, kesederhanaan, kasih sayang, nasionalisme, idealiasme, pendidikan, lingkungan, hingga dunia perpolitikkan. semoga kelak ini semua bisa jadi bekal di kehidupan mendatang.

oleh karena itu, postingan/notes ini gue khusus persembahkan untuk orang-orang yang udah kasih effect besar ke gue selama 4 tahun 3 bulan selama di ITB, mereka adalah:


  1. Allah SWT, sekali lagi, dengan melibatkanmu semuanya terasa mudah. You are the best planner, ever.

  2. Orangtua dan adik, atas kasih sayangnya tak terhingga dan support-nya yang tak pernah henti. masih inget waktu ibu nangis karena anakmu ini mau keluar dari ITB, karena takut sama Fisika. kalo sampe itu terjadi, mungkin itu adalah hal yang paling gue sesali seumur hidup gue.

  3. para dosen Fisika, Pak Wahyu sebagai Dosen Pembimbing yang mau direpotin sama urusan Plasma Physics padahal ga ada kaitannya sama KK. Pak Enjang yang bikin gue super pede karena berhasil dapet A untuk matkul Fisika Matematika I dan II tanpa perlu ikut UAS berturut-turut. Pak Sparisoma dan Pak Fourier yang bersedia 'membantai' dan diujungnya menyemangati gue. Pak Freddy Zen untuk inspirasinya selama kuliah. Bu Nenny satu-satu-nya dosen di KK Fisika Sistem Kompleks, i'm your next bu :)

  4. my super best friend, Ade Suryani. gila, gue bisa nemuin 'makhluk beginian' rasanya seneng banget banget banget. temen yang selalu menerima gue apa adanya, ga bosen dengerin kegalauan gue, dan supportnya yang ga habis-habis, i love you so much. juga Atika Lorentia, untuk perjuangannya bersama menyelesaikan tugas akhir yang syit ini, hahaha. Alina Cynthia Dewi, untuk kepolosannya yang buat gue salut dan Anindita Ayuswasti yang membantu 3 tahun kuliah gue.

  5. keluarga besar HIMAFI ITB, terimakasih untuk bimbingannya kakak-kakak HIMAFI ITB, terutama teteh-teteh HIMAFI 2004 (khususnya Teh Sera yang udah repot-repot bantuin bikin draft), Kang Izul untuk nasehat-nasehatnya, abang-abang dan teteh-teteh HIMAFI 2005 yang selalu baik-baik-baik sekali, kakak-kakak HIMAFI 2006, dan juga adik-adik HIMAFI.

  6. Fisika 2007, gue ga kebayang kalo gue ga kuliah bareng kalian, mungkin saat ini gue adalah orang yang paling gagal di Fisika 2007. terimakasih ga pernah lelah bantuin saat belajar, Ali, Rudy, Insan, Putu, Mario, Marina, kalian super. terimakasih ketawa bareng dan ke-maksiatan bareng, Aji, Guntur, Pandu, Rocky, Dimas, Uka, Jupe dan teman-teman lainnya. terimakasih cewek-cewek HIMAFI 2007 untuk ke-alay-an-nya ga perlu gue mention satu-persatu-lah yah, i love love love you so much, 10 tahun lagi, kita harus jadi belanja ke Paris bareng.

  7. keluarga besar U-Green ITB, terutama Greeners 2007 untuk kasih sayangnya yang ga pernah padam. kalian selalu bisa jadi rumah pulang, walau seringkali jarang disinggahi. terimakasih kepada Vera untuk pengertiannya, maaf ga maksimal waktu jadi bawahan lo. terimakasih untuk Syfa dan Tika, semoga kita ketemu di Sabuga. terimakasih untuk Asa, gila lo cowok yang paling gentel yang pernah gue kenal sa. terimakasih jalan barengnya Kintan dan Dian.

  8. terimakasih Tim Garuda, terimakasih 2 bulan untuk selamanya. terimakasih Filman Ferdian untuk ajakkannya bergabung di tim yang paling awesome yang pernah gue tahu. terimakasih tak terhingga yang udah nyempetin dateng sidang, Laura, Reza, dan Kintan. terimakasih Hana, Surya, dan Aldi yang udah bisa disusahin waktu gue kehilangan GTab. terimakasih Aga dan Yunus yang selalu bisa dicurhatin masalah kemahasiswaan, semoga lo selalu se-idealis-ini sampe tua, sampe mati, aamiin. gue ga tahu harus bilang apa tapi gue sayang banget-banget sama kalian. terimakasih untuk teman-teman lainnya, yang selalu inget buat nyapa kalo ketemu, aah senanggg :)

  9. SKHOLE ITB, terimakasih untuk segalanya. terimakasih Dinan (yang udah dateng sidang), Chacha, Keti, Mila, Satria, Shanny, Kak Jaka, dan Ian, yang mau menemani satu tahun kemarin. terimakasih Ganar dan timnya yang sudah mau ngambil tanggung jawab yang ga gue selesein, tanpa lo, gue ga kebayang nasib skhole jadi apa. terimakasih Tira, yang selalu jadi tempat curhat kalo lagi galau skhole dan lainnya, nasehat lo selalu jadi yang terbaik, semoga ketemu di sabuga. terimakasih adik-adik SKHOLE yang paling-paling-paling gue sayangi seumur hidup gue, i just can't imagine living without you.

  10. terimakasih untuk Ganesha Hijau ITB, kak fariz, aldi, wilma, rani dan teman-teman yang udah kasih kontribusi untuk ITB Eco Campus. kalian orang paling keren yang pernah gue kenal. salam hijau

  11. terimakasih Sur dan Robby, yang selalu bikin gue ngerasa,'himpunan sebrang selalu lebih hijau dari himpunan sendiri' hahaha. ga nyesel gue kenal lo berdua. Robby dengan ke-charming-an-nya, idola para wanita kampus serta ke-shalehan-nya, ehem. dan Sur, gue ngerasa beruntung banget kenal lo, seriously. lo orang yang paling keren dan konkrit (untuk saat ini) yang pernah gue kenal, lo cewek paling super juga.

  12. terimakasih teman bermain, Dinda Husna, walau lo nyebelin tapi gue sayang sama lo, hahah. terimakasih Dedes, Risa, dan Chae, yang sukses bikin gue terharu gara-gara kalian dateng sidang. terimakasih 1 tahun yang menyenangkan Pipin, Unay, Citra, Kak Ita, Okta dan Marissa, ga pernah menemukan temen kostan yang se-menyenang-kan kalian. terimakasih Zulmi yang sering banget bikin gue merasa 'tertampar' dengan ke-shalehan lo. terimakasih Niya yang sudah tidak galau lagi #apeu.

  13. terimakasih teman-teman dunia maya, Gunadi, Yunus, Kak Tazy, Bang Robby, Kak Asti, Adit, Iqbal, Ikhma, Fitri dan yang tak bisa disebutkan satu-persatu, karena dukungan moral via tumblr dan twitter, hahaha. satu-satunya manfaat yang gue dapetin main beginian adalah ketemu kalian. kyaaaa.

  14. terimakasih untuk para inspirator yang gue dapatkan selama 4 tahun di ITB; Pak Anies Baswedan atas suratnya dan semangatnya untuk lulus tepat waktu, Bung Karno untuk nasionalismenya, Bung Hatta untuk kesederhanaannya, Totto Chan untuk tamparan tentang pendidikan, Soe Hok Gie yang membuat gue menyesal kenapa baru 'mengenal' engkau di tingkat akhir, dan Tan Malaka untuk tulisan-tulisannya yang membangun.

  15. terimakasih Linkin Park, Coldplay, John Mayer, Jammie Cullum, Chris Brown, Maliq & D'essentials, Adele, Lenka, Ingrid Michelson, dan penyanyi-penyanyi yang seringkali main 24 jam di ITunes atau Windows Media Player gue. tanpa kalian mungkin gue ga semangat ngerjain Tugas Akhir.

  16. serta emua yang sudah kasih pengalaman berharga selama gue menempuh pendidikan sebagai mahasiswa di ITB. temen diskusi, temen berantem, temen sepet-sepet-an, bahkan para kecengan gue (ea), mennn kalian bikin hidup ini lebih hidup.

maaf belum bisa jadi hamba, anak, murid, sahabat, dan teman yang baik. masih banyak yang harus gue pelajari setelah ini. kelulusan bukanlah akhir dalam belajar, tapi permulaan dari pembelajaran, dan 4 tahun ini adalah bekal gue buat nanti. terimakasih untuk segalanya, terimakasih untuk selamanya.

hormat saya,

Nayasari Aissa

sarjana sains Fisika ITB :)

0 komentar:

top