tentang TA

hampir sebulan ga nulis di blog, ga sibuk tapi bingung pengen mengeluarkan opini tentang apa, soalnya kan kalo cuman pengen curhat bisa lewat Tumblr, ditambah jarang nonton TV dan baca koran, sedikit ga update sama berita baru, kan blog ini sengaja dibikin buat mengeluarkan uneg-uneg sama permasalah sekitar atau dengan kata lain curhat-yang-intelek-dikitlah, halah. oh, iyah apalagi waktu lagi terkuras habis oleh Tugas Akhir, makin ajah males update blog. dari jaman nabi ucok gue nulis tentang TA, kagak selesai-selesai dah.

sengaja deh, hari ini mau update blog, spesial buat nulis tentang Tugas Akhir.

progres udah sampe mana?
alhamdulillah sidang Tugas Akhir edisi 1 yang terdiri dari Bab 1, Bab 2, dan Bab 3 sudah dilaksanakan dengan alhamdulillah, walau pengerjaan untuk Bab 3 memakan waktu seminggu, kalo ga itu nilai TA1 yang udah diambil setahun yang lalu bakalan dapet E.

sekarang lagi dalam taha pengerjaan Bab 4 yang ga maju-maju. tersendat dimasalah ga bisa FORTRAN (formula translation), itu loh program jaman jebot, yang sebenernya udah jarang dipake soalnya ada yang lebih canggih yaitu Matlab (mathematics labroratorary).

kenapa ga pake Matlab ajah?
soalnya buku yang dipake ngerjain simulasi Fisika Plasma nya pake FORTRAN, yah sekalian ngerjainnya pake itu ajah. hahaha. kalo pake matlab nyari bahan baru pula.

Fisika Plasma itu apa sih?
Plasma itu keadaan keempat setelah keadaan gas, air, dan padat. plasma adalah gas yang terionisasi, maksud terionisasi disini, partikel-partikel di dalam plasma itu ter-ion, bahasa gampangnya elektron dan ion positif itu berdiri sendiri-sendiri. bingungkan maksudnya gimana? gue juga bingung ngjelasinnya.

nah, 99% pengisi alam semesta ini adalah plasma sebenernya, mungkin agak jarang ditemui di bumi yah, kecuali kayak tv plasma atau lampu plasma. Fisika Plasma sendiri adalah cabang dari ilmu pelajaran Fisika yang mempelajari karakteristik plasma ini sendiri. penting amat plasma sampe dibuat ilmunya sendiri? iyah dong, suatu saat nanti teknologi plasma ini dapat menggantikan teknologi nuklir sebagai sumber energi bagi kehidupan di bumi, karena konon kabarnya teknologi plasma ini lebih ramah lingkungan dibandingkan nuklir. tapi saat ini masih dikembangkan, soalnya mahal pisan. suhu yang digunakan dalam penggunaan teknologi untuk menghasilkan plasma ini sangat amat besar, yah setara sama suhu matahari. oh iyah, matahari adalah contoh plasma.

kayaknya ribet, kok lo mau-maunya ngerjain TA ini?
nahhhhh, gue terjebak, apeu. awalnya gue kan kayak pernah gue ceritain di postingan blog gue sebelumnya, disini. gue awalnya milih buat belajar tentang Gempa Bumi, tapi gara-gara keseringan baca blog dosen gue, namanya pak Thee Houw Liong (dewa nih orang pinternya), gue secara impulsif pengen belajar tentang matahari, jadilah dikasih topik buat belajar sama dosen pembimbing gue, Fisika Plasma. terjebak ngambil kuliah dua kali di Astronomi, apalagi dapet nilai alhamdulillah, gue jadi jatuh cinta sama hal-hal astronomi dan fisika. makanya gue bertekad sesusah apapun gue pengen tugas akhir gue tentang ini. hahaha, tapi kadang-kadang namanya manusia yak, sering banget patah semangat kalo udah mulai stuck ngerjainnya, ga ngerti dan bingung harus nanya kesiapa, soalnya di Fisika topik ini baru banget, gue orang pertama yang nyeleneh ngerjain beginian. haha

terus habis selesai sidang TA edisi 2, mau kemana?
insya Allah kalo dikasih jalan sama Allah, pengen belajar astrophysics di UK, tentang magnetohydrodynamics, aamiin. tapi kalo misalnya ga dapet beasiswa, yaiyalh secara kuliah di UK mahal pisan, gue tetep nglanjutin belajar beginian di Fisika ITB, dengan dosen pembimbing yang sama, peluk Pak WS, yang senantiasa menyemangati gue kalo gue bisa ngerjain TA ini, dan ga pernah sekalipun ngjatuhin gue padahal gue ga pinter-pinter amat.

nah sekarang sidang TA edisi 2 nya kapan tuh?
naaah, ini pertanyaan yang paling ga bisa gue jawab sampe sekarang, gue sendiri ga tau kapan bisa sidang, bab 4 ajah belum ditulis, walau udah kebayang mau masukkin apa di bab 4, soalnya programnya sendiri belum jalan sama sekali, syntax-nya emang udah banyak yang berkurang tapi masih banyak yang harus di rapihin lagi, seperti desperado ngerjainnya, sendirian. hahaha. oh iyah gue pengennya sih wisuda Oktober ini, tapi kayaknya harus mundur lagi jadi April tahun depan. padahal 1st plan-nya gue pengen lulus juli kemaren, tapi gara-gara keasyikkan main di kemahasiswaan jadi mundur lagi deh, eh ternyata oktobernya juga ga nyampe. what upppp! hahaha, woles lah yah. wisuda kapan ajah it's okay. beberapa hari yang lalu gue disemangatin temen gue, dia bilang gini.
TA kan paling tidak hal yang paling lo kuasain slama di ITB. Kalo selese sebelum deadline tapi lo belom ngerti banget sama ajah, jadinya setengah-setengah, mending stick to the plan, dan hasilnya maksimal, nay, ga apa-apa April. — abdurrahman ali
dear pembaca blog gue yang budiman (kalo ada), doain yah biar gue cepet nyelesein TA pengen banget cepet-cepet jadi sarjana, biar lebih banyak lagi yang dikerjain abis ini. aamiin.
see you on the next posting.

regards,
Nayasari Aissa
(masih) mahasiswa strata 1-Fisika ITB :P

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gw sependapat sm ali...ngapain juga on-time klo ga nguasai materi TA...percuma :D

top