girl power

kalo ngomongin masalah cewek, gue selalu bersemangat. gue pernah bercita-cita buat jadi menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, tapi gue ga punya kapabilitas di sana (sadar diri), haha. akhirnya, setelah melakukan perbincangan super inspiratif dengan tira beberapa hasi yang lalu tentang masalah umat muslim sekarang kehilangan sosok-sosok ilmuwan muslim atau muslimah yang berkarya di bidangnya masing-masing. gue makin positif buat nyelesein pendidikan gue sampe setinggi-tingginya, jika Allah mengizinkan, hingga bisa jadi peneliti dan dosen (guru). apalagi, ilmuwan perempuan itu sedikit banget, kayaknya sangat membanggakan bisa jadi ilmuwan muslim yang keren. hahaha. yuk, jadi ilmuwan yuuuuk. ngayal

gue tuh sangat mengagumi sosok-sosok perempuan inspiratif, dua tahun lalu, gue pernah nulis di blog gue tentang kekaguman gue terhadap Aung San Suu Kyi, peraih nobel dari Myanmar yang menjadi tahanan rumah, gara-gara dia bersebrangan sama dengan pemerintah Myanmar. ini sosok awesome, yang pernah meraih nobel perdamaian. gila politikus handal banget nih orang. di luar hal berbau politik, sebenernya Sri Mulyani itu kayak Cut Nyak Dien jaman kini, perempuan cerdas tapi sukses sebagai ibu rumah tangga, gue pernah liat dia di sebuah acara televisi swasta, keren abis nih orang, apalagi dia masuk 100 wanita paling berpengaruh di dunia, kalo ga salah ngalahin Hillary Clinton, versi majalah Time. oh, iyah Aung San Suu Kyi juga masuk ke 100 wanita paling berpengaruh versi majalah Time loh.

kalo pada baca Totto Chan, ya ampun, perempuan ini menginspirasi sekali, gue baca buku dia yang kedua, yaitu Totto Chan & Children, pengalaman Tetsuko Kuroyagi (nama asli Totto Chan) sebagai duta UNICEF yang mengunjungi anak-anak di negara-negara dunia ketiga. ah, dia penulis inspiratif sekali.

adalagi namanya Susan Hockfield, kak hanif yang mengenalkan dia ke gue, pas gue bilang, gue pengen deh jadi rektor ITB. ibu Susan Hockfield ini adalah, ayo tebak, dia rektor perempuan pertama-nya MIT, men keren abis dah. bisa dibaca sendiri di sini.

Bunda Theresa jugaa, ntah berapa kali gue mereblog quotesnya yang sangat inspiratif sekali. kadang gue berfikir, mungkin ini wanita paling bahagia di dunia, dari semua yang gue baca, kayaknya dia selalu berfikiran positif terus, dan orang-orang yang baca tentang dia jadi ikutan berfikiran positif. dan tindakan nyatanya, sangat menerangi dunia

kalo dari Islam, gue tuh mengagumi banget sosoknya Fathimah Az Zahra, gara-gara pernah baca tulisan tentang beliau dalam sebuah buku, beliau benar-benar dimuliakan, apalagi tentang dia dan suaminya, Ali Bin Abi Thalib, yang meneruskan perjuangan Rasulullah, sosok panutan banget, cerdas, cantik, dan sangat shaleha sekali. tapi mungkin, karena buku yang gue baca, baru tentang Aisyah, Fathimah Az Zahra, sama Khadijah, jadi pengetahuan gue tentang wanita dari golongan muslim ini, masih dikit banget. mungkin ada rekomendasi sosok perempuan muslim yang bener-bener girl power?

oh, iyah kalo lagi galau masalah *ehem* cinta, gue saranin buat dengerin lagu-lagunya Beyonce, iyah sih, ga tau gue suka banget sama girl powernya Beyonce kalo nyanyiin seuatu, ga merengek-merengek kayak kesannya cewek itu lemah banget. sama coba dengerin lagunya, Alicia Keys, yang superwoman, itu inspiring banget deh. videoklipnya jugaa. Alicia Keys juga keren banget, dia peduli banget sama keadaan negaranya, kalo ga salah dia pernah jadi duta PBB gitu, deh untuk masalah anak-anak dan kelaparan untuk Afrika gitu, terus dia juga pernah nyumbangin banyak uangnya buat jadi donasi. terus tau ga kalo Angelina Jolie itu ga cuman sekedar jago akting, dia juga keren banget, dia prefer buat ngadopsi anak-anak dari negara-negara miskin, such a cool woman banget dah.

kesannya, gue feminis banget yah. haha, ga kok. gue cuman pengen mengajak, bahwa cewek-cewek tuh kadang ga sadar betapa berharganya mereka, seriously deh (menampar diri sendiri). kita kadang sering terjebak dalam fikiran,’gue ga bisa apa-apa’. padahal sadar ga sadar, Allah itu Maha Sempurna, Dia menciptakan umat-Nya sesempurna mungkin. makanya kalo ada yang ngerasa rendah diri, tidak berharga, maka jangan terpuruk dalam kegelapan (halah), harusnya malah bisa memacu kita dong untuk terus belajar. kalo kita ngerasa diri kita kosong, penuhin dong, diri kita dengan hal-hal positif, dan teruslah haus untuk belajar. agar suatu saat, kita bisa merasa diri kita berharga, ga lemah, bukan untuk orang lain, tapi untuk diri kita sendiri :)

1 komentar:

Jamz_rg mengatakan...

bukan "ga punya kapabilitas" nay... Tapi "belum".. Lo orang yang hebat koq nay,, dan setiap orang yang berusaha maka disana akan ada jalan... Gw senang liat orang-orang yang punya tujuan atau cita-cita bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk kemanusiaan, kemajuan bangsa dan rasa peduli terhadap sesama... Semoga dimasa depan Indonesia mendapatkan sosok orang yang lo impikan itu,, dan gw rasa Negara ini sangat butuj orang-orang seperti itu.. semangat nay.. Fighting!!!! ^_^

top