social media

udah lama banget gue pengen nulis tentang social media, sebagai orang yang betah banget meracau (kayak sekarang) dan kalo malesnya udah kambuh buat keliling keluar dari zona nyaman (baca kamar) hidup gue gue habiskan dengan berselancar keliling dunia melalui dunia maya. akhirnya gue punya banyak banget social media yang semua-semuanya aktif. sebelum gue kehilangan Galaxy Tab, kecanduan gue terhadap dunia maya jauh lebih parah dari beberapa hari ini (setelah hilang), soalnya gue jadi lebih gampang akses ke segala arah, wajar kalo gue bilang Galaxy Tab gue itu adalah horcrux gue, yang kalo itu ilang, berarti sebagian nyawa gue juga ilang.

balik lagi ke social media, lima social media yang gue selalu buka setiap gue buka laptop gue, yaitu facebook, twitter, tumblr, plurk, dan google (+). tapi diantara kelima itu twitter dan tumblr adalah tempat yang paling candu bagi gue, ntah mengapa, itu candu sekali. miniblog dimana lo bisa berekpresi apa saja, yah walau kadang-kadang banyak yang nyinyir, bilang terlalu galau-lah, terlalu heboh-lah, padahal gue ga pernah memaksa mereka buat ng-follow dua buah socmed tersebut, jadi harusnya mereka ga perlu kesel sama apa yang gue lakukan, tapi itu gue anggap sebagai kasih sayang, kasih sayang agar gue ga galau, hahaha.

tapi sejauh ini, social media juga memberikan banyak manfaatnya disamping juga banyak mudharatnya. manfaat-manfaat tersebut adalah, berkat social media, seorang anak SMA bisa lanjut kuliah, gara-gara gue ng-post sebuah tulisan di facebook, tulisan itu ternyata di sebar-sebar ke milis, dan banyak alumni-alumni ITB yang ternyata merasa terpanggil untuk menolong anak SMA tersebut, hingga saat ini si anak SMA tersebut sudah menyandang status sebagai mahasiswa ITB. ntah apa jadinya jika dunia tidak tau tentang kabar tersebut.

manfaat lainnya adalah sejauh ini, gue mendapatkan banyak sekali teman melalui social media, terlebih-lebih lagi dari tumblr. malahan ada orang-orang yang dulunya gue ga kenal sama sekali di kampus, tapi berkat mereka follow gue di tumblr, kita akhirnya ketemu di dunia nyata dan berhubungan baik. dari tumblr juga gue ketemu temen-temen dari luar kota Bandung, ada yang tinggal di Yogya, ada juga di Jakarta, dan kota-kota lainnya, itu indah sekali, bukan? salah satu orang tersebut adalah seorang calon dokter dari Universitas Indonesia, Yunus Kuntawi Aji, karena ada suatu 'bisnis' kita jadi sering komunikasi, beliau salah satu inspiring person yang gue kenal. malahan dalam waktu dekat ini, kami (insya Allah) kami akan melakukan meet-up di kota Bandung, yeiy!

manfaat yang gue dapatkan dari twitter adalah, gue bisa punya hubungan yang 'dekat' dengan orang-orang terkenal, berapa kali gue sempet diskusi dengan @ShafiqPontoh, seorang aktivis twitter, followernya sampe ribuan, kita diskusi tentang air. gue juga belajar banyak tentang Islam dari @SalimAFillah, yang sering banget ng-tweet tentang agama Islam. gue juga belajar tentang sastra dari idola gue, sang jurnalis @gm_gm (Goenawan Muhammad), he's incredible awesom, totally! kebanyakan kalo diliat dari data following gue, gue ng-follow para jurnalis, teman-teman yang gue kenal, dan orang-orang yang punya keahlian di bidangnya (kayak @ShafiqPontoh). oh, iyah, dari twitter juga, gue mencoba memperkenalkan organisasi yang gue ikuti yaitu @ITBMengajar hingga bisa memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman dari Universitas lain dan komunitas pendidikan lainnya.

ada cerita unik lainnya, yaitu tentang Google (+), jejaring sosial yang baru muncul ini membantu gue mengetahui pencuri Galaxy Tab gue, walau ga berhasil ditemukan. jadi ceritanya, pagi sebelum Galaxy Tab gue hilang, gue sempet pasang aplikasi Google (+) for android di Galaxy Tab, nah karena koneksi internet 24 jam di Galaxy Tab gue, setiap kali kita mengambil poto, maka akan langsung ke upload di Google (+). mungkin karena tidak tahu banyak tentang teknologi, si pencuri sempat poto-poto sebanyak dua kali, saat gue buka Google(+) gue, ada notifikasi telah meng-upload dua buah poto, dan ternyata itu adalah poto-poto pencuri itu, haha, what a coincidence!

tapi memang, jika tak pandai-pandai menggunakan social media, kita bakalan kecanduan sekali, gue sering seharian di depan laptop karena terlalu asik kesana-kemari, kadang ntah apa yang sebenarnya yang gue lakukan, hahaha. jadi gunakan social media sebaik-baik, mungkin, insya Allah akan lebih banyak mendapatkan manfaatnya dibandingkan mudharat, aamiin. :)

0 komentar:

top