Indonesia, Anies Baswedan, dan Indonesia Mengajar

pertama kali liat dan tahu tentang Pak Anies Baswedan pas dia jadi moderator untuk debat calon presiden. i saw this man is so interesting to me. charming, nice, and ingenious. malah saya ngerasa dia lebih pantas berdiri di posisi calon presiden dibandingkan ketiga calon sesungguhnya. no offense. pas liat biodata beliau di wikipedia, apalagi salah seorang teman saya begitu mengaguminya jadilah saya makin mengagumi bapak satu ini.

waktu tahu dia menggagas sebuah gerakan bernama Indonesia Mengajar, saya melihat bahwa beberapa tahun lagi, orang yang pernah masuk di dalam 100 Tokoh Intelektual Muda Dunia versi Majalah Foreign Policy dari Amerika Serikat, dan dia dinobatkan sebagai salah satu rektor termuda yang pernah ada, akan berada di posisi paling menentukan bagi bangsa ini.

'dia kan membangung Indonesia Mengajar, untuk mencari antek-antek politiknya'

setiap manusia pasti ada yang mengagumi ada pula yang tidak, banyak pula yang tidak terlalu menyukai Pak Anies, bagi saya beda pendapat tak apa-apa. hanya saja, sejauh ini saya masih percaya dengan integritas yang dimiliki Pak Anies. sejauh saya mengenal dia, apalagi pernah diskusi cukup jauh tentang masalah pendidikan, saya tahu beliau adalah sosok pemimpin yang tepat untuk bangsa ini, karena kami sama-sama memiliki passion di bidang pendidikan, dan dia sadar bahwa basis paling penting dari negara ini adalah SDMnya, dan bagaimana meningkatkan kualitas SDM, adalah dengan pendidikan.

tulisan Pak Anies yang dimuat KOMPAS, pada hari ini menunjukkan, marketing yang dilakukan oleh Pak Anies, untuk mengenalkan dirinya kepada rakyat Indonesia, amat sangat baik. dan, seandainya pun, banyak yang mengatakan bahwa Indonesia Mengajar salah satunya dilakukan untuk mencari 'massa' sebenarnya tidak terlalu masalah, yah kalau begini kualitas Pak Anies dan 'massa'-nya jauh-jauh lebih baik daripada sebuah partai politik bukan? liat saja isi partai politik, saya tidak yakin, mereka diisi oleh pemuda-pemuda cerdas dan berintegritas terhadap bangsanya. yang paling saya salut, saya melihat Pak Anies ini sangat percaya terhadap kaum muda Indonesia, dilihat betapa gencar dia melakukan hubungan yang baik terhadap komunitas-komunitas dan universitas-universitas, membangun kepercayaan.

dan yang paling saya suka, adalah Pak Anies mampu mengutarakan kekecewaannya terhadap Pak Yudhoyono, sangat bijak sekali, penuh dengan kritik pedas, tetapi tetap bersikap dingin, tidak perlu senggol kiri kanan. that's kind cool way, i think.

singkat kata, dari tulisan saya yang meracau ini, kalau ditanya,'apakah saya percaya Anies Baswedan mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi?'. saya bukan Tuhan yang bisa menentukan mau dibawa negara ini, tapi sampai detik saya menuliskan ini, Pak Anies adalah sosok yang tepat yang membawa angin segar for this nation, Amerika saja punya Presiden super cerdas seperti Barack Obama, kenapa Indonesia tidak?

0 komentar:

top