Solar Dynamics Observatory


jadi ini adalah bahan presentasi dari mata kuliah Fisika Matahari. topiknya menarik yaitu tentang satelit dari NASA namanya Solar Dynamics Observatory atau disingkat SDO.

SDO sendiri dilaunching pada tanggal 11 Februari 2010, baru satu tahun. SDO memiliki misi mengamati ativitas matahari dan hasilnya yaitu berupa solar weather. sedikit penjelasan tentang solar weather, sebenernya ini bukan tentang cuaca matahari panas atau dingin seperti yang kita amati di bumi, tapi tentang medan magnet, solar wind, solar flare, dan macam-macam hasil dari aktivitas matahari di lapisan heliosphere, yaitu lapisan antara bumi dan matahari. SDO sendiri memiliki misi yang hampir sama dengan SOHO, tetapi dengan kemampuan yang jauh lebih hebat dibandingkan SOHO. SDO mampu menghisalkan citra setiap 10 sekon, selain itu SDO mampu mengetahui struktur permukaan dalam matahari. SDO sendiri memiliki lifetime sekitar 5 tahun 3 bulan, tetapi diharapkan tetap mampu bertahan dengan bahan bakar yang dipersiapkan hingga 10 tahun. SDO ini juga merupakan program pertama dari badan antariksa amerika (NASA) yaitu program Living With A Star.
SDO memiliki 3 instrumen yang dibawanya yaitu :
  • Atmospheric Imaging Assembly (AIA) yaitu 4 buah teleskop yang didesine untuk mengambil gambar permukaan dan atmosfer dengan 10 poanjang gelombang yang berbeda sehingga saat citra yang diambil akan berbeda warna pula.
  • kemudian ada Extreme Ultraviolet Variability Experiment atau disingkat EVE memiliki fungsi untuk mengetahui fluktuasi dalam keluaran sinar ultraviolet dalam tingkatan tinggi, sinar ultraviolet tingkat ekstrem (EUV) susah untuk diekspektasi sehingga mereka (peneliti) mengharapkan dapat menggunakan EVE untuk mengukurnya. dan yang terakhir adalah
  • Helioseismic and Magnetic Imager (HMI) yang fungsinya mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan medan magnet dari matahari yang nantinya akan mempengaruhi bumi.
tentang HMI, saya melakukan cukup banyak pendalaman di sini, karena ini bahan presentasi saya. Helioseismic inilah merupakan alat tercanggih di SDO karena mampu menerka isi permukaan matahari dengan menggunakan prinsip seismik yang dilakukan oleh ahli geologi di bumi, yaitu mengukur permukaan bumi, kemudian dari data yang di dapat data dapat dilaukan intepretasi sehingga bisa diketahui struktur bumi seperti, dan helioseismic ini memiliki prinsip yang sama. pada bagian heliosfer diambil data kemudian struktur kedalaman matahari dapat diketahui. kemudian fungsi dari HMI lainnya adalah, pada instrumen ini terdapat kamera yang dapat mengambil citra matahari dengan menggunakan medan magnet yang terdapat dimatahari, sehingga sunspot dapat diamati dengan jelas dan dengan diketahuinya sunspot peneliti dapat mengetahui aktivitas-aktivitas matahari lainnya, termasuk solar wind yang sering kali mempengaruhi bumi. melalui HMI ini pula, dapat dianalisis aurora yang merupakan hasil dari aktivitas solar wind yang bertumbukkan dengan medan magnet bumi.

sangat menarik bukan tentang SDO ini, ternyata NASA telah merancang alat yang luar biasa hebat yang dapat digunakan untuk mengetahui aktivitas matahari dan hasilnya yang dapat memepengaruhi aktivitas di bumi pula. jika ada kesalahan silahkan di koreksi, karena saya juga masih belajar. semoga bermanfaat :)

sumber bacaan : website NASA dan buku panduan tentang Solar Dynamics Observatory

0 komentar:

top