jangan takut kuliah di ITB !

Baru-baru ini ada isu heboh banget di dunia per-facebook-an, bahkan gue ditag notes dua kali oleh temen-temen gue satu himpunan semuanya ngomongin masalah BPM atau uang pangkal mahasiswa baru ITB 2011.

Respon gue pertama kali. Kaget. Kesel. Mann, padahal baru dua minggu yang lalu gue dapet kabar dari temen gue lewat sms. Isinya, ‘sekarang ITB cuman buka penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN coba cek web itb’. Pas buka website dan coba googling tentang kebenaran berita, ternyata bener, dan gue sumringah banget bacanya. ITB hebat euy, ga ada USM lagi. Semua orang yang emang pantes buat masuk ITB walau ga punya uang tetep bisa kuliah, tanpa perlu lewat mahalnya jalur USM. Masalah uang semesteran, ya ampun beasiswa di ITB itu bertaburan, tinggal lo nya ajah mau apa ga ng-usahainnya.

Tapi pas baca berita tentang uang BPM yang mahalnya amit-amit, gue jadi miris dan sedih. Tapi kalo dibaca lagi emang sih, seandainya kita ga mampu bayar, ada keringanan tidak perlu membayar 55 juta (uang BPM) untuk minimum 20% dari jumlah mahasiswa baru yang diterima (sumber. http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-4.htm ), yang gue tangkep dari pernyataan ini kalo ada mahasiswa dari keluarga benar-benar kurang mampu dan jumlahnya lebih dari 20% mereka masih bisa mendapatkan keringanan untuk tidak perlu membayar 55 juta rupiah. Jadi 20% itu hanya minimal jumlah. Asal lo bener-bener dari keluarga kurang mampu yah, dan dimintai juga kok keterangan suratnya. FYI, ternyata tahun 2009 dari sebuah blog yang gue baca (http://cardiyanhis.blogspot.com/2009/07/mari-kita-cari-600-siswa-cerdas-miskin.html), katanya ITB tahun 2009 hanya berhasil menjaring 51 mahasiswa cerdas dari keluarga kurang mampu padahal beasiswa yang ditwarkan sebanyak lebih daru 600, ini dikarekan kurangnya sosialisasi kedaerah-daerah, sayang banget kan?

Nah kalo lo dari keluarga lumayan berkecukupan tapi masih ga sanggup bayar sebesar 55 juta, maka lo bisa mendapatkan keringanan 25%, 50%, atau 75% dari jumlah 55 juta. Yang gue tangkep sejauh ini sih segitu. Jadi kalo salah mohon dibenarkan.

Terus kalo udah keterima dan udah dapet keringanan untuk tidak membayar BPM, temen-temen mahasiswa baru jangan takut. Kayak yang gue bilang di paragraf di atas. Beasiswa d ITB itu banyak. Banget. Beneran banyak banget. Bahkan ada sebuah organisasi yang ngurusin beasiswa untuk temen-temen dari keluarga kurang mampu. Namanya Tim Beasiswa ITB. Jadi kalo nilai lo bagus, bisa dapet beasiswa. Kalo lo dari keluarga kurang mampu, juga masih bisa dapet beasiswa. Beasiswanya juga ga cuman dari ITB, ada dari banyak lembaga lainnya, kayak Sampoerna, Tanoto, Bakrie, IOM ITB, IA ITB, dan lain-lain. Masih butuh duit buat tambahan jajan, di ITB lo bisa jadi asisten dosen, asisten lab, grader, bahkan pengawas ujian, yang semuanya menghasilkan duit, asal lo rajin ajah cari informasinya sih.

Jadi menurut gue, jangan takut buat kuliah di ITB, yah. Kita manusia harus tetap berusaha dan berdoa. Insya Allah, Tuhan pasti membukakan jalannya bagi yang berusaha J. Amin!

0 komentar:

top