evaluasi mengajar bahasa inggris SKHOLE


gambar di atas, curahan hati gue di twitter setelah pulang dari ngajarin Bahasa Inggris adik-adik SKHOLE di Wisma Putera Cimbeleuit.

jadi begini, adik-adik SKHOLE kelas 4,5, dan 6 SD mengalami keterbatasan dalam menggunakan Bahasa Inggris, bahkan mereka tidak tahu pe-lafalan A, B, C, D, E, dst, jadilah gue tertantang untung mengajarkan mereka Bahasa Inggris by myself. apalagi untuk yang sudah duduk di kelas 6 SD, karena sebetar lagi akan Ujian Nasional. gue sendiri ga tahu, di Ujian Nasional SD, peran Bahasa Inggris seberapa penting, apa sama pentingnya dalam menentukan kelulusan siswa SMA dan siswa SMPA. tapi mau penting ga penting, Bahasa Inggris harus dipelajari agar mereka bisa. bisa ngomong, bisa nulis, dan bisa mengerti ada yang ngomong ke mereka pake bahasa Inggris.

sebenarnya di SD mereka, mereka mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris, tapi mereka tetep ga bisa dan ga ngerti. sayangnya saat ngajarin mereka gue menggunakan metode yang salah, gue ngajarin masih menggunakan papan dan berasa kayak di sekolah. dan sialnya, mereka bosen, ga paham, dan jadi makin ga suka sama bahasa inggris. setelah gue analisis lagi, harusnya gue sadar, kenapa nih anak-anak ga bisa bahasa inggris, padahal di sekolah diajarin, pasti ada yang salah dengan metode belajar mereka, harusnya gue cari tahu apa yang buat mereka excited buat belajar bahasa inggris.

akhirnya gue mencoba buat solusi, saat gue dateng ke meet-up guru kreatif Pojok Pendidikan gue dapet ide dari seorang pembuat game. dia bilang

saat ini harusnya anak-anak Indonesia, bermain sambil belajar, karena bermain itu erat hubungannya dengan belajar

yeah, that's right, that kid needs something fun when they learn something. setelah gue sadari, ternyata mereka interested banget sama benda yang namanya Laptop! yeah, gue jadi kepikiran buat ngajarin mereka sesuatu yang fun dan menggunakan laptop. gue mikir lagi, gimana kalo kita bikin games berbasis pendidikan dan bisa digunakan di laptop, tapi gue terbentur sesuatu, gue bukan anak IF yang jago pemrograman, berarti gue butuh bantuan mahasiswa IF yang mau buat game itu. atau mungkin ada yang tahu game yang pas buat belajar anak-anak SD, untuk saat ini sih spesialisasinya baru dicondongin ke mata pelajaran Bahasa Inggris doang.

selain pake teknologi gue juga baru sadar, hal yang berbeda dengan sekolahan ada belajar di alam, mungkin sabtu (minggu ini) metode ini yang mau gue ajarin ke adik-adiknya, mengenal benda-benda di alam pake bahasa inggris sambil bermain-main. yeah, semoga metode yang terakhir ini bisa berhasil untuk minggu depan yah teman-teman, wish me luck guys!

0 komentar:

top