jangan takut kuliah di ITB !

Baru-baru ini ada isu heboh banget di dunia per-facebook-an, bahkan gue ditag notes dua kali oleh temen-temen gue satu himpunan semuanya ngomongin masalah BPM atau uang pangkal mahasiswa baru ITB 2011.

Respon gue pertama kali. Kaget. Kesel. Mann, padahal baru dua minggu yang lalu gue dapet kabar dari temen gue lewat sms. Isinya, ‘sekarang ITB cuman buka penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN coba cek web itb’. Pas buka website dan coba googling tentang kebenaran berita, ternyata bener, dan gue sumringah banget bacanya. ITB hebat euy, ga ada USM lagi. Semua orang yang emang pantes buat masuk ITB walau ga punya uang tetep bisa kuliah, tanpa perlu lewat mahalnya jalur USM. Masalah uang semesteran, ya ampun beasiswa di ITB itu bertaburan, tinggal lo nya ajah mau apa ga ng-usahainnya.

Tapi pas baca berita tentang uang BPM yang mahalnya amit-amit, gue jadi miris dan sedih. Tapi kalo dibaca lagi emang sih, seandainya kita ga mampu bayar, ada keringanan tidak perlu membayar 55 juta (uang BPM) untuk minimum 20% dari jumlah mahasiswa baru yang diterima (sumber. http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-4.htm ), yang gue tangkep dari pernyataan ini kalo ada mahasiswa dari keluarga benar-benar kurang mampu dan jumlahnya lebih dari 20% mereka masih bisa mendapatkan keringanan untuk tidak perlu membayar 55 juta rupiah. Jadi 20% itu hanya minimal jumlah. Asal lo bener-bener dari keluarga kurang mampu yah, dan dimintai juga kok keterangan suratnya. FYI, ternyata tahun 2009 dari sebuah blog yang gue baca (http://cardiyanhis.blogspot.com/2009/07/mari-kita-cari-600-siswa-cerdas-miskin.html), katanya ITB tahun 2009 hanya berhasil menjaring 51 mahasiswa cerdas dari keluarga kurang mampu padahal beasiswa yang ditwarkan sebanyak lebih daru 600, ini dikarekan kurangnya sosialisasi kedaerah-daerah, sayang banget kan?

Nah kalo lo dari keluarga lumayan berkecukupan tapi masih ga sanggup bayar sebesar 55 juta, maka lo bisa mendapatkan keringanan 25%, 50%, atau 75% dari jumlah 55 juta. Yang gue tangkep sejauh ini sih segitu. Jadi kalo salah mohon dibenarkan.

Terus kalo udah keterima dan udah dapet keringanan untuk tidak membayar BPM, temen-temen mahasiswa baru jangan takut. Kayak yang gue bilang di paragraf di atas. Beasiswa d ITB itu banyak. Banget. Beneran banyak banget. Bahkan ada sebuah organisasi yang ngurusin beasiswa untuk temen-temen dari keluarga kurang mampu. Namanya Tim Beasiswa ITB. Jadi kalo nilai lo bagus, bisa dapet beasiswa. Kalo lo dari keluarga kurang mampu, juga masih bisa dapet beasiswa. Beasiswanya juga ga cuman dari ITB, ada dari banyak lembaga lainnya, kayak Sampoerna, Tanoto, Bakrie, IOM ITB, IA ITB, dan lain-lain. Masih butuh duit buat tambahan jajan, di ITB lo bisa jadi asisten dosen, asisten lab, grader, bahkan pengawas ujian, yang semuanya menghasilkan duit, asal lo rajin ajah cari informasinya sih.

Jadi menurut gue, jangan takut buat kuliah di ITB, yah. Kita manusia harus tetap berusaha dan berdoa. Insya Allah, Tuhan pasti membukakan jalannya bagi yang berusaha J. Amin!

rezeki

rezeki kan sudah ada Tuhan yang mengatur

dan gue percaya ini, secara gur percaya adanya Tuhan, dan Dia punya kekuasaan buat mengatur itu semua. walau sudah ada Tuhan yang telah mengatur rezeki, sejatinya tiap manusia harus berusaha mendapatkan rezeki tersebut. sama kayak hukum Newton ketiga, ada aksi juga ada reaksi (apadeh)

tadi pas diangkot, abang-abang angkot (A) yang gue tumpangi ngamuk, gara-gara ada angkot (B) yang ngdahului dia buat dapet penumpang di depannya. si abang A kesel banget sampe ngluarin kata-kata kasar ke abang B. kalo pandangan gue sebenernya abang A itu ga boleh kesel, yah kan yang nyampe duluan ke penumpang si abang B, dan si pengguna angkot lebih milih naik angkot B daripada angkot A, karena lebih deket jaraknya ke angkot B daripada angkot A.

hubungannya sama rezeki? yah harusnya si abang A ikhlas, mungkin memang penumpang tadi bukan rezekinya si abang A tapi rezekinya si abang B, dan emang udah diatur sama Tuhan. mau gimana lagi. siapa tahu pas diperjalanan selanjutnya Tuhan kasih lebih penumpang. tapi mungkin jalan fikiran si abang A ga sesimpel fikirian gue sekarang, bisa jadi uang setoran masih kurang dan udah malem, makanya dia ngamuk, hehe. who knows?

rezeki ga selalu melulu tentang uang kok. kayak seorang mahasiswa yang pengen banget masuk Matematika ITB, tapi malah nyemplung ke Fisika ITB. menurut nyokap gue sebenernya rezeki gue udah diatur Tuhan di sana (Fisika). yah kayak kata orang-orang, Tuhan tahu kok yang tepat buat lo. sama Tuhan tahu harus kasih rezeki ke lo kayak apa, macam apa, dimana, dan kapan lo butuhinnya, sepakat ga?

makanya gue sering sebel sama orang yang sering ngbanding-bandingin, misal, 'kok lo belanjanya di situ sih? kenapa ga disitu ajah? kan ga bagus, mahal, bla bla...', yah makasih sih, tapi kalo sampe maksa, menurut gue seorang penjual itu boleh menawarkan dagangannya semenarik mungkin, tapi ga dengan cara memaksa bahkan menjelek-jelekkan yang lain. ga pantes. karena yah itu, rezeki kan udah ada yang ngatur, usaha boleh buat menjual produk lo, tapi kalo orang lain tetep lebih prefer beli atau memakai sesuatu ke tempat lain, yah hak pembeli, dan memang udah rezekinya si orang itu. gue pernah jualan juga, jadi tahu rasanya kok jadi penjual, hehehe.

jadi intinya tulisan gue ini, percaya deh Tuhan udah menyiapkan rezeki yang terbaik buat lo, yang lo perlu kerjakan adalah melakukannya dengan kerja keras dan dengan cara yang benar. okeh?!!

evaluasi mengajar bahasa inggris SKHOLE


gambar di atas, curahan hati gue di twitter setelah pulang dari ngajarin Bahasa Inggris adik-adik SKHOLE di Wisma Putera Cimbeleuit.

jadi begini, adik-adik SKHOLE kelas 4,5, dan 6 SD mengalami keterbatasan dalam menggunakan Bahasa Inggris, bahkan mereka tidak tahu pe-lafalan A, B, C, D, E, dst, jadilah gue tertantang untung mengajarkan mereka Bahasa Inggris by myself. apalagi untuk yang sudah duduk di kelas 6 SD, karena sebetar lagi akan Ujian Nasional. gue sendiri ga tahu, di Ujian Nasional SD, peran Bahasa Inggris seberapa penting, apa sama pentingnya dalam menentukan kelulusan siswa SMA dan siswa SMPA. tapi mau penting ga penting, Bahasa Inggris harus dipelajari agar mereka bisa. bisa ngomong, bisa nulis, dan bisa mengerti ada yang ngomong ke mereka pake bahasa Inggris.

sebenarnya di SD mereka, mereka mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris, tapi mereka tetep ga bisa dan ga ngerti. sayangnya saat ngajarin mereka gue menggunakan metode yang salah, gue ngajarin masih menggunakan papan dan berasa kayak di sekolah. dan sialnya, mereka bosen, ga paham, dan jadi makin ga suka sama bahasa inggris. setelah gue analisis lagi, harusnya gue sadar, kenapa nih anak-anak ga bisa bahasa inggris, padahal di sekolah diajarin, pasti ada yang salah dengan metode belajar mereka, harusnya gue cari tahu apa yang buat mereka excited buat belajar bahasa inggris.

akhirnya gue mencoba buat solusi, saat gue dateng ke meet-up guru kreatif Pojok Pendidikan gue dapet ide dari seorang pembuat game. dia bilang

saat ini harusnya anak-anak Indonesia, bermain sambil belajar, karena bermain itu erat hubungannya dengan belajar

yeah, that's right, that kid needs something fun when they learn something. setelah gue sadari, ternyata mereka interested banget sama benda yang namanya Laptop! yeah, gue jadi kepikiran buat ngajarin mereka sesuatu yang fun dan menggunakan laptop. gue mikir lagi, gimana kalo kita bikin games berbasis pendidikan dan bisa digunakan di laptop, tapi gue terbentur sesuatu, gue bukan anak IF yang jago pemrograman, berarti gue butuh bantuan mahasiswa IF yang mau buat game itu. atau mungkin ada yang tahu game yang pas buat belajar anak-anak SD, untuk saat ini sih spesialisasinya baru dicondongin ke mata pelajaran Bahasa Inggris doang.

selain pake teknologi gue juga baru sadar, hal yang berbeda dengan sekolahan ada belajar di alam, mungkin sabtu (minggu ini) metode ini yang mau gue ajarin ke adik-adiknya, mengenal benda-benda di alam pake bahasa inggris sambil bermain-main. yeah, semoga metode yang terakhir ini bisa berhasil untuk minggu depan yah teman-teman, wish me luck guys!

menulis

hari ini gue dateng ke sebuah (yah bisa dibilang) talkshow tentang pendidikan, temanya adalah GuruKreatif, di sana dibahas juga tentang Menulis Kreatif. ada sebuah pernyataan yang cukup gue 'ngeh' dan akhirnya pengen bikin tulisan tentang Menulis.

seorang dosen bertanya pada murid-muridnya, berapa banyak diantara mereka yang mempunyai blog, dan sayang sekali hanya sedikit sekali yang memiliki blog, tetapi hampir semuanya menjawab memiliki Facebook
gue sendiri sebenernya suka, banget, dengan yang namanya menulis. dulu waktu kecil, gue dibelikan sebuah diary oleh bokap gue, katanya agar gue bisa menulis, terserah mau menulis apa saja, yang penting menulis. akhirnya gue menulis kegiatan gue setiap hari di diary tersebut, sayang banget diary tersebut hilang ga tahu kemana, hiks. kemudian setelah mengenal friendster, gue akhirnya merasa tertantang dan merasa keren kalo gue menulis di blogfriendster, akhirnya gue mencoba menulis sesuatu dengan cara 'mengetik' di blog gue, yah walaupun isinya masih 'sampah' yang penting gue menulis.

sampai pada akhirnya, ketika tahun 2009 gue menghapus friendster gue, karena malas meng-approve invite-an untuk jadi teman di friendster, dan membalas testimoni-testimoni, gue akhirnya mendelete account friendster gue, dan jadilah gue kehilangan, lagi, tulisan-tulisan gue yang tidak sempat terselamatkan.

dan gue akhirnya mencoba membuat blog di blogger, jadilah nayadisini.blogspot.com. disini, gue makin suka menulis, apa saja pokoknya menulis, walaupun curhatan-curhatan ga penting mulai berkurang ga kayak di friendster, hahaha. mungkin karena malu juga dengan bertambahnya umur. di blog gue mulai mencoba menggunakan blog gue untuk mengkritisi, mengkaji, bahkan mencoba-coba memberi solusi atas suatu tantangan. sampai akhirny lahirlah blog (miniblog lebih tepatnya) yaitu nayasa.tumblr.com, tempat gue menulis pendek (yah namanya ajah miniblog, hehehe), mungkin bisa dibilang tempat 'melabil' (kalo kata anak-anak jaman sekarang, nyeh).

gue senang menulis tapi bukan berarti gue jago menulis. gue ga ada bandingannya sedikitpun dengan Pramoedya Ananta Toer, apalagi Soe Hok Gie dengan catatan kemahasiswaannya. gue cuman berupaya mengeluarkan apa yang ada di otak gue, karena kadang semuanya ga bisa gue keluarin dengan mulut gue, karena mulut gue hanya ada satu tetapi jari gue ada sepuluh, hahaha.

sebenarnya kenyataannya semua orang bisa menulis, walau mungkin penggunaan katanya belum terlalu banyak. buktinya kita bisa menulis di status facebook, menulis 140 kata di twitter, hanya saja kita kadang sering kesusahan merangkai suatu kalimat yang pendek, menjadi kalimat-kalimat yang panjang dan menyenangkan untuk dibaca.

menulis itu penting bagi gue, liat ajah, dulu pas masih di SD kita sering banget disuruh buat mengarang sesuatu, iyah ga? sebagai seorang calon sarjana, kita diwajibkan untuk menulis sebuah Tuga Akhir, walau kadang kita banyak menggunakan literatir tetapi kita diwajibkan untuk menceritakan literatur tersebut dengan bahasa kita sendiri, dengan gaya kita sendiri. sebagai seorang ilmuwan kadang kita juga dituntut untuk menulis Jurnal sebagai bukti ke-eksis-an kita di dunia per-sains-an, seorang ilmuwan tidak hanya harus pandai mengerjakan penelitian-penelitian, tetapi juga harus jago dalam merangkai kata-kata pada Jurnalnya agar dapat dipublikasikan dan mendapat pengakuan.

menulis itu juga suatu kebutuhan, kebutuhan untuk membangkitkan memori-memori yang telah lalu. kadang menyenangkan membca tulisan-tulisan lama gue di blog ini, mulai dari yang masih cupu banget sampe yang gue rasa itu tulisan terkeren gue, maksudnya tulisan yang menurut gue keren, hahaha.

karena itu, menulis yuk! karena menulis itu menyenangkan :)
we write to taste life twice, in the moment and in retrospect - Anais Nin

*maaf belum menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar*

adik-adik SKHOLE, aku sayang sama kalian :)

terinspirasi notes ganar :P


katanya kalo tak kenal maka tak sayang, dan kadang semakin kita mengenal mereka, maka akan semakin sayang


dulu gue ga suka anak kecil, sedikitpun. adik-adik sepupu gue ajah pada takut sama gue, habis gue galak, suka marahin mereka kalo, nakal…

belum lagi gue jijik-an, bukan sok bersih, tapi gara-gara pernah kena diare gara-gara jorok, gue ga suka anak kecil kotor meper-meper ke gue, kesel banget rasanya


tapi sejak di SKHOLE, gue sadar ga ada anak yang nakal di dunia

kenyataannya kita, orang dewasa, ga punya pola pikir yang sama dengan mereka, makanya gue dulu sering mikir, bocah yang manjat-manjat pager itu nakal, bocah yang suka lari-lari itu nakal, padahal sebenernya semua anak terlahir unik, bukan nakal, iyahkan?

dan yang paling keren, they always know how to be happy, percaya ga? percaya ajalah, hehehe


di SKHOLE gua jadi seneng sama anak kecil, seneng banget jadinya, dan mereka beneran selalu ngajarin gue buat senang di setiap saat, (walaupun kadang-kadang pernah dongkol juga)

mereka juga ngajarin gue buat bersyukur, ngajarin hal-hal kecil yang bahkan sering gue lupa, salah satunya kayak kemaren tentang shalat subuh gue


kata temen gue, anak kecil itu imajinasinya tak terbatas, mereka juga punya mimpi yang terbatas, denger mimpi-mimpi mereka, gue jadi malu, kadang gue ga berani bermimpi tentang sesuatu, karena itu, imajinasi gue terbatas, gue belajar dari mereka untuk tetap bermimpi, dan berusaha untuk mewujudkan mimpi gue, sama kayak mereka


tapi ada hal yang sering buat gue sedih, kalo mereka cerita tentang mimpi mereka, walau mereka berusaha untuk menggapainya, ternyata ada rintangan besar di depan mereka, rasanya pengen bantu tapi kadang bingung juga mau bantu kayak apa atau gimana, selain bantu tetap menyemangati dan berdoa, berdoa agar Tuhan mendengarkan mimpi-mimpi mereka


mimpi ahmad untuk menjadi pemain bola

mimpi mulyadi untuk tetap melanjutkan sekolah, tanpa harus berhenti karena harus membantu ibunya

mimpi ceceng pengen menang turnamen tenis meja

mimpi dhany yang pengen jadi pemain sepak bola

mimpi..

mimpi..

mimpi..


ah, semoga Tuhan membukakan jalan untuk kalian adik-adik, membuka jalan untuk meraih mimpi kalian, amin!


Surat untuk Tuan Ajaib

Hallo, Tuan Ajaib. Tiba-tiba saya ingin menulis surat ini untukmu. Mungkin saat ini kita belum saling mengenal. Kamu mungkin sedang asyik belajar agar segera lulus atau kamu sibuk kesana kemari mengurus sesuatu karen kamu sedang bekerja. Kamu mungkin ada di belahan dunia lain. Di rentang waktu yang berlainan pula. Kamu mungkin seorang mahasiswa, pegawai bank atau hanya lelaki biasa yang penuh kehangatan. Semua mungkin saja terjadi, Tuan.


Sebaliknya, bisa saja kita sudah saling mengenal. Kamu mungkin teman semasa kecil saya atau lelaki yang biasa saya temui di sela kesibukan. Saat ini kamu belum tertarik pada saya begitupun sebaliknya. Kita bisa saja sering bicara tapi belum menemukan titik kenyamanan. Atau mungkin kamu sedang berpacaran dengan perempuan populer. Bisa juga kamu sedang mengejar perempuan impianmu. Semua mungkin saja terjadi, Tuan.


Nah, kenapa saya mengirimkan surat ini padamu, Tuan? Karena kamu harus tahu. Saya tidak berharap kamu akan datang secepatnya. Tidak, tidak. Ini bukan masalah cepat atau lambat. Bukan itu intinya. Ketika kita bertemu, yang entah kapan itu, saya harus berada di kondisi yang siap. Begitu juga dengan kamu. Ketika sudah ada kata mufakat untuk saling melibatkan diri, kita sampai pada fase penuh keajaiban. Itulah mengapa saya menyebutmu “Tuan Ajaib”.

Kamu haruslah ajaib. Membuat semuanya menjadi ringan dan mudah. Tanpa harus mengucap mantra sihirpun, semuanya menjadi penuh keajaiban. Kamu membuat saya “klik”. Mata kamu sudah bisa menjelaskan semua. Tak perlu lagi bicara omong kosong hanya untuk meyakinkan segala sesuatunya. Bersama kamu, terjebak dalam kemacetan selama 24 jam pun tak jadi soal. Karena kamu mampu mencairkan suasana. Membuat keluhan menjadi kenikmatan. Kamu, si Tuan Ajaibku.


Saya pun harus menjadi ajaib. Nyonya Ajaibmu. Ringan dan manis seperti kembang gula. Mari kita pintal hidup penuh keajaiban ini bersama.


Terima kasih sudah membaca surat saya,

Salam.


*dengan sedikit ubahan*

postingan original

moga Bunda disayang Allah

amin.

kata temen sih buku ini bagus, apalagi pas tahu pengarangnya Tere-Liye, yah pasti baguslah. mumpung lagi di toko buku, akhirnya gue belilah buku ini, sekalian sama Naked Traveler tapi belum sempet dibaca yang satunya.

awal baca, kok buku ini membingungkan, bahasanya aneh, bukan Tere-Liye banget gaya bahasanya, beda. satu cerita tapi dengan dua tokoh yang berbeda, dan kisah yang berbeda pula, adalah Karang dan Melati.

tapi buku ini benar-benar membuat penasaran, pengen tahu cerita selanjutnya, pengen tahu kenapa Karang stress, pengen tahu kenapa Melati jadi buta dan tuli, pengen tahu Melati bisa sembuh apa ga, pengen tahu Karang sukses ga ngajarin Melati. menarik banget.

buat yang udah tahu cerita tentang Hellen Keller dan Anne Sullivan, atau pernah nonton Miracle Worker, pasti lumayan ketebak dengan jalan cerita buku ini, sama persis, yah kan, diadaptasi dari kisah nyata Hellen Keller.

terimakasih Tuhan sudah memberikan gue tubuh yang normal.

ga berenti gue mengucapkan kalimat itu saat membaca buku ini. ga tahu gue rasanya saat lo punya telinga tapi yang lo tahu cuman kesunyian. ga tahu gue rasanya saat lo punya mata tapi lo cuman tahu warna itu hitam. ga tahu gue rasanya saat lo punya mulut tapi yang keluar hanyalah erangan-erangan.

tapi Tuhan adil. kata Karang, Tuhan tetap yang paling adil, hanya saja kita manusia yang bebal dan ga mau cari tahu tentang keadilan Tuhan.

walau punya telinga dan mata tetapi ga bisa digunain, Hellen Keller masih punya akal dan indera peraba, dan dia mampu memaksimalkan fungsi akal dan indera peraba-nya. kok bisa yah? gue juga sampe sekarang ga habis pikir, gimana dia bisa sampe secerdas itu. luar biasa.

luar biasa Hellen Keller dan Anne Sullivan atas inspirasinya bahwa hidup tuh ga secetek itu, hidup tuh ga harus berhenti saat lo jatuh, hidup tuh masih banyak yang masih bisa lo kerjain, lo lakuin, hidup tuh penuh dengan warna walau yang lo lihat saat itu hanya hitam

luar biasa Tere-Liye yang udah sukses buat gue pentingnya bersyukur dengan apapun yang lo punya, dan lebih menghargai apa yang udah dikasih Tuhan buat gue.

amin.
top