(maha)siswa ITB

habis baca notes seorang temen beda jurusan di Facebook, apa yang dia tulis, sama banget dengan yang ada di otak gue, dan kalo ga salah pernah gue diskusikan bersama temen gue, kalo ga salah, gue lupa juga.

anak ITB sekarang mengalami degradasi moral

sebelah mananya? sebenernya bukan masalah hobi hedon atau apa, ga masalah, selama hidup lo masih seimbang, menyenangkan diri sendiri itu ga masalah, lo berhak malah, tapi saat lo terlalu sibuk sama diri sendiri dan lo lupa dengan lingkungan sekitar lo, itu masalahnya. salah seorang kakak tingkat pernah ngeluh ke gue, tentang adik-adik kostan dia yang 'agak' ga sopan, lewat depan orang tua nyelonong ajah, memperlakukan asisten rumah tangga, bener-bener kayak pembantu. padahal dulu, saat dia masih tinggal dengan teman-teman 'tua-nya' suasana kekeluargaannya bener-bener kerasa.

sebenernya itu salah satu contoh doang, masih banyak contoh yang lain, yang gue sendiri sampe lupa apa ajah. oh ada lagi, kahim gue, pernah pengen buat tradisi atau budaya, tentang sapa menyapa, sangking itu sangat kurang di himpunan gue. temen-temen gue juga sempet mengeluarkan keluhan, dulu saat kami-kami masih jadi kacung di himpunan, sebegitunya cari 'muka' sama senior, hormat, tunduk, selalu nyapa duluan. eh pas ada angkatan baru masuk, malah kita yang pedekate duluan, kita yang selalu nyapa, karena si 'new kids on the block ini ternyata pasif. dan ternyata juga, hal ini bukan terjadi sama si kakak tingkat ajah, tapi terjadi di lingkungan prodi, si kahim gue ini, pengennya nih mahasiswa ga terpisah sama lingkungan, sama dosen hormat, sama pekerja (walaupun dia cuman cleaning service) juga harus hormat, apalagi mereka lebih tua dari mahasiswa.

hahaha, sebegitu jadi masalahnya kah? kalo menurut gue iya. berapa banyak sih mahasiswa yang kenal sama pekerja di kampus, paling diitung sama jari. atau lingkungan kampus, berapa banyak mahasiswa yang 'berterimakasih' sama penjual-penjual makanan di sekitar kampus, berapa banyak yang peduli dengan nasib anak jalanan di sekitar kampus? ga usah dijawab cukup direnungkan dalam hati saja.

gue tahu, gue, lo, kita bayar buat kuliah di ITB. gue juga tahu, kita udah punya banyak masalah dengan tugas-tugas kuliah. tapi seharusnya lo, gue, kita sadar, kita ga bisa hidup sendirian di dunia ini, manusia butuh manusia lainnya, karena itu kita disebut makhluk sosial.

bahkan hal yang paling simpel dan sederhana, yang diajarkan guru TK gue adalah, saat lo ketemu dengan temen lo, paling ga lo sapa, atau senyum. tapi makin ke sini, gue kadang makin kehilangan itu. dulu juga gue diajarkan, selalu diajarkan untuk hormat sama yang lebih tua, gue sendiri menyadari gue kadang kehilangan budaya itu.

sistem kaderisasi sekarang secara ga langsung cuman jadi 'tradisi' ga lebih, ga membentuk karakter mahasiswa untuk jadi solusi masyarakat, solusi lingkungan, solusi atas permasalahan-permasalahan di Indonesia
kebanyakan dari sistem kaderisasi sekarang cuman tradisi yang berkelanjutan dari zaman dulu, ga berubah, padahal zaman berubah, permasalahan di Indonesia berubah, setiap tahunnya makin banyak, tapi sistem kaderisasi kita begitu-begitu saja. ini yang gue tulis, sebagai orang yang di luar sistem, yang melihat pola dan tingkah laku mahasiswa dalam menjadi solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat. berapa banyak sih dari kita yang meneriakkan meminta keadilan atas kasus korupsi di negara kita. tetapi kuliah sering bolos, ujian masih nyontek, tugas ga pernah ngumpulin. ternyata kita sendiri ga adil, kita ga adil dengan orang-orang yang pengen banget bisa kuliah di ITB, dan pengen sungguh-sungguh belajar di ITB, tetapi gue, lo, kita malah menyia-nyiakan ini. kita juga ga adil dengan orangtua kita, yang udah susah payah bayarin uang kuliah kita, kita ga adil atas beasiswa yang dikasih ke kita.

hubungannya, sama kaderisasi atas masalah yang diatas? kaderisasi ga berhasil membuat mahasiswa menjadi mahasiswa. kita itu lebih dari siswa biasa, kita punya maha di depan siswa. harusnya kita menggunakan akal kita untuk berfikir, untuk memilih mana yang baik mana yang buruk. harusnya juga kita bersikap lebih dewasa daripada siswa biasa.

jujur yang gue dapet saat gue di PMB, gue yang ditanemin di diri gue adalah, gue mahasiswa ITB, gue keren, gue salah satu putera puteri terbaik bangsa. udah, gitu doang. gue sendiri sebenernya ga dapet banyak pembelajaran tentang kehidupan di dalam kampus, gue liat kehidupan saat gue diluar kampus, gue pernah bersyukur gue ga tinggal sama orangtua gue, ga ada yang anter jemput gue, gue terbiasa jalan kaki, naik angkot, di sanalah gue belajar tentang kehidupan. ngobrol sama pedagang, ngobrol sama abang-abang angkot, ngobrol sama ibu-ibu yang mengeluh harga naik cabe terus, ngobrol sama tukang nasi goreng, pengen anak-anak ITB bisa bikin sepeda motor murah, ngobrol sama anak-anak jalanan, yang ternyata masih ada yang pengen sekolah. ternyata mereka menaruh harapan besar loh sama mahasiswa ITB, dan makin lama, ternyata juga, mereka makin kecewa, mere berfikir mahasiswa mulai lupa sama mereka. dan apakah sebenernya kita juga mulai lupa dengan mereka?

gue sendiri ga lebih baik dari apa yang gue tulis di atas, tetapi gue berusaha untuk menjadi lebih baik lagi, belajar dari kesalahan, gue juga manusia, tapi gue mulai gemes saat denger keluhan-keluhan orang-orang tentang mahasiswa yang sendiri gue ga munafik gue merasakannya. yuk, kita bareng-bareng membenahin diri kita, masing-masing, mulai dari sendiri, buka mata, buka hati, buka telinga, liat lingkungan di sekitar, gue, lo, kita bisa bantu.

gue sendiri menyadari, waktu gue di kampus ini tinggal 8 bulan lagi (gue pengen lulus oktober 2011, amin!), masih banyak kontribusi yang belum gue kasih ke masyarakat atas nama mahasiswa ITB, buat apa kampus kita jadi World Class University, dengan mahasiswa-mahasiswa terbaik bangsa, kalo masalah secuil di sekitar kampus ajah, kita ga sadar.

kalo kata Zulkaida Akbar,

kalo lu ingin liat masa depan Indonesia 20 tahun mendatang, liatlah mahasiswa ITB saat ini

kita punya tanggung jawab besar, teman-teman, sadar ga sadar. gue, lo, kita nih bareng-bareng ke depannya yang bakalan membawa arah Indonesia ini kemana. gue, lo, kita yang menentukan mau kayak apa Indonesia ke depan, bukan berarti semua jadi presiden. dengan apa yang lo kerjakan 20 tahun lagi, sekalipun lo jadi mafia, lo ikut nentuin bangsa ini mau jadi apa. gue sendiri pengen jadi guru, kalo sekarang ajah gue rusak, kebayang ga lo, saat gue jadi guru, berapa banyak anak didik gue yang ikut rusak. karena itu, sekali lagi gue ajak kita semua, bareng-bareng liat dan jadilah solusi atas masalah-masalah yang di sekitar kita

Nayasari Aissa
mahasiswa Fisika yang pengen banget jadi guru

wasalam

0 komentar:

top