sedikit tentang listrik magnet dikepala saya :)

Listrik Magnet adalah sebuah mata kuliah yang cukup sulit bagi saya, karena saya tidak bisa lulus dalam waktu satu semester, sehingga membuat saya mengulang kembali mata kuliah ini di semseter berikutnya. Banyak hal yang dipelajari di listrik magnet, antaranya elektrostatik. Fenomena elektrostatik sudah dikenal manusia sejak dulu karena mudah ditemukan di alam sekitar. Kita bisa dengan mudah menimbulkan muatan listrik statik pada benda-benda disekitar kita dengan menggosokkannya dengan benda lain. Mungkin kita masih ingat eksperimen sederhana saat sekolah dulu : sisir plastik yang digosok dengan kain, lalu didekatkan dekat lengan, akan menarik rambut-rambut di kulit lengan, atau jika didekatkan ke sobekan-sobekan kertas diatas meja maka sisir plastik akan menarik sobekan-sobekan kertas tersebut. Syaratnya : sisir dan kainnya mesti kering. Jika basah, tak cukup banyak muatan listrik yang dihasilkan. Ini bukan sulap atau magik, tapi ini sains.

Materi perkuliahan yang saya dapatkan dalam perkuliahan ini cukup banyak, antara lain elektrostatik yang mencakup tentang hukum coulomb, medan listrik, potensial listrik dan hukum gauss, kemudian pelajaran tentang vektor di awal perkuliahan, ada pelajaran mengenai medan magnet, magneostatik, dan lain-lain. Sebenarnya mata kuliah Listrik Magnet cukup mudah, asal kita rajin berlatih dengan soal-soal yang ada, tetapi ini juga termasuk mata kuliah yang cukup berat, karena materi yang diajarkan sangat banyak, padahal kita seharusnya lebih mendalami bab dengan menggunakan waktu yang cukup lama. Karena menurut saya satu semester dengan semua mata kuliah yang diajarkan tidak cukup. Mungkin lebih baik jika di bagi menjadi Listrik Magnet I dan Listrik Magnet II, karena mata kuliah yang di ajarkan pada perkuliahan cukup penting untuk menunjang perkuliahan-perkuliahan lainnya, salah satu bab, yaitu kapasistansi, yang kurang mendalam dipelajari, padahal cukup penting dalam matakuliah nanoelektrik dan nanosistem. Mata kuliah listrik Magnet memang menjadi salah mata kuliah Nanoelektrik dan Nanosistem. Jadi menurut saya, listrik magnet adalah dasar bagi beberapa mata kuliah, karena mata kuliah di jurusan fisika saling berhubungan. Sehingga alangkah baiknya jika tiap-tiap bab di Listrik Magnet dipelajari lebih dalam lagi, sehingga pengetahuan tentang mata kuliah ini bertambah. Semester ini adalah kali kedua, saya mengambil mata kuliah ini, semester sebelumnya saya telah mengambil mata kuliah ini, tapi saya masih kesulitan untuk memahaminya, sehingga kadang saya menyerah mempelajari mata kuliah ini, karena alasan tidak mengerti.

Motivasi saya semester ini adalah selain lulus mata kuliah ini, saya ingin mengerti pelajaran ini, sehingga mungkin bisa berguna di dalam kehidupan saya, khususnya ketika saya mengambil mata kuliah pilihan yang memiliki hubungan dengan pelajaran listrik magnet yang telah saya ambil. Karena listrik magnet merupakan mata kuliah dasar yang merupakan basic tentang pelajaran fisika.

Harapan saya mengenai perkuliahan ini, adalah saya berharap bahwa mata kuliah ini bisa membantu saya mengaplikasikan pelajaran yang telah saya dapatkan ke dalam kehidupan nyata, selain itu saya berharap, dengan mengertinya saya tentang mata kuliah Listrik Magnet maka akan mempermudah saya dalam mempelajari mata kuliah-mata kuliah lainnya yang juga berhubungan dengan Listrik Magnet. Harapan lain saya tentang mata kuliah ini adalah, mahasiswa diajarkan lebih mendalam tiap bab dalam mata kuliah ini, seperti saran saya di paragraf kedua yaitu, listrik magnet dibagi menjadi dua semester, yaitu Listrik Magnet I dan Listrik Magnet II, karena dengan memperdalam mata kuliah ini, akan mempermudah mahasiswa mempelajari mata kuliah lainnya, karena Listrik Magnet adalah salah satu basic dari mata kuliah lainnya.

nayasari aissa
10207017
Physics
Institute Technology Bandung

0 komentar:

top